Rabu, 05 September 2012

16 Senator Dampingi Calon Jamaah Haji

Jakarta, Sumbawanews.com.- Keputuasan rapat Komite III DPD RI, Selasa 4 September 2012 menetapkan enambelas Senator DPD RI mendampingi jamaah haji Indonesia yang akan melaksanakan ibadah haji bulan depan.

Pimpinan Komite III DPD RI, Hardi Selamat Hood kepada media ini mengatakan, enambelas Senator yang terpilih mendampingi jamaah haji merupakan perintah Undang-Undang No. 13/2008. Dewan Perwakilan Derah harus mendampingi dan melakukan pengawasan jalannya ibadah haji dengan pertimbangan jamaah haji Indonesia berasal dari daerah. Pengawasan akan dilakukan sebelum dan sesudah pelaksanaan ibadah haji.

Pelaksanaan pengawasan haji telah terbagi dalam dua kelompok, pra dan purna haji. Pengawasan pra haji menitik beratkan pada sistem pengawasan sebelum pemberangkatan jamaah haji meliputi persiapan pemberangkatan jamaah haji, sebelum jamaah haji tiba di Mekkah, delapan Senator pengawas pra haji telah terlebih dahulu berada di Mekkah.

Pengawasan Purna haji, para Senator akan pulang bersama jamaah haji kloter pertama, hal ini katanya untuk memastikan sistem pelayanan pemulangan jamaah haji. Pengawasan purna haji juga akan didampingi oleh delapan orang Senator.

Berdasarkan hasil evaluasi haji tahun lalu kata Hardi Selamat Hood, DPD RI telah memberikan masukan kepada Kementerian Agama RI. Atas usulan dari DPD RI maka pelaksanaan haji tahun lalu hampir tidak ada keluhan yang ditemukan oleh jamaah haji, klaimya.

"Mudah-mudahan pengalaman tahun kemarin menjadikan pelaksanaan ibadah haji tahun ini lebih baik dari tahun yang lalu" harapnya.

Pelaksanaan tugas tim pengawas haji kata Pimpinan Komite III DPD RI ini akan efektif berjalan setelah adanya pemberitahuan dari Kedutaan Besar Saudi Arabia sekitar tanggal 19 Oktober 2012. (Zainuddin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar