Rabu, 05 September 2012

Tommy Serap Aspirasi Masyarakat Nelayan Loteng

Lombok Tengah, Sumbawanews.com. – Anggota DPR RI Tommy A Firman dari fraksi PPP Dapil NTB ini mengunjungi konsituten nya di Lombok Tengah NTB, saat acara dialog dengan masyarakat Tommy menyerap aspirasi masyarakat Lombok NTB.

Saat pertemuan itu, berbagai unek unek disampaikan masyarakat kepada Tommy, salah satunya permasalahan nelayan. Salah seorang Warga yang mewakili warga Lombok Tengah Lalu Sofyan mengatakan potensi lestari perikanan NTB mencapai 129.863 ton pertahun, bahkan bukan hanya ikan tetapi nmasih banyak lagi potensi laut lainnya seperti rumput laut, dan potensi lainnya.

“Kami berharap kepada Bapak Tommy sebagai wakil kami yang ada di Pusat agar memperhatikan nasib kami khususnya sebagai nelayan, pasalnya permasalahan kami di NTB saat ini hasil tangkapan kami tidak tentu harganya, dikala musim tangkapan banyak, hagranya turun draktis, penyebabnya karena pemerintah tidak pikirkan nasibkami.”jelasnya saat acara Bimbingan Teknis dan Informasi Zona Potensi Penangkapan Ikan Berbasis Data Pengindraan Jauh Satelit bagi Nelayan Di kabupaten Lombok Tengah NTB Loteng (14/7/2012).

Menanggapi hal tersebut, Tommy mengatakan kepada Masyarakat, sesuai dengan data dari Kementeriaan Kelautan indonesia, bahwa Potensi ekonomi laut di Indonesia diperkirakan mencapai 1,2 triliun dolar AS per tahun sehingga penting bagi Indonesia, Khususnya masyarakat Lombok Tengah untuk segera menerapkan asas-asas perekonomian berbasis Nelayan. Potensi ekonomi laut Indonesia sekitar 1,2 triliun dolar AS/tahun, atau dapat dikatakan setara dengan 10 kali APBN negara pada 2012. Dan untuk NTB sebesar 55.9117 Ton .

"Potensi tersebut terdiri atas perairan palagis sebesar 55.9117 ton dan perairan demersal 73.945 ton," katanya pada acara tersebut.

Ia mengatakan jumlah armada penangkapan ikan di wilayah perairan NTB tercatat 22.795 unit, sedangkan jumlah perusahaan penangkapan ikan sebanyak 27.998 rumah tangga perikanan (RTP).

Menurut dia potensi sumber daya penangkapan ikan di perairan umum mencapai 12.208 hektare dengan jumlah armada penangkapan sebanyak 459 unit, di antaranya 45 perahu motor yang dioperasikan 3.175 RTP.

Tommy menyatakan nelayan NTB kini masih perlu mendapat perhatian dari pemerintah baik alat tangkap maupun tempat pendaratan ikan, serta investor pendukung peningkatan lainnya seperti pabrik pengolaan ikan.

"Potensi kelautan dan perikanan NTB cukup besar, namun pemanfaatannya masih tergolong rendah dan belum dikelola dengan baik," katanya. (Erwin Siregar)

1 komentar:

  1. aq minta maaf terlebih dahulu,ini kisah nyatah aku,ini aq seorang pedanga sukses dulu,semakin sukses aq selalu main judi besaran tapi lama kelamaan aq bangkrut gara2 judi,dan sekaran aku punya hutang banyak di bank ama keluarga,sekaran aku stres,pusing gara mikirin itu,tapi syukur ada tmn beri petunjuk kepada aq berhubungan dunia gaib melalui bantuan atas nama kisongo dengan nomornya beliau 085 217 519 919 tp aq ikuti saran aki songo selama seminggu,syukur alhamdulillah aq ikut namanya bank gaib,cuma butuh 3hari uang gaibnya cari dan aku bisa bayar hutang dimana dan sisanya untuk bangkit dagan lagi bagi saudara mau seperti aq ini ada blog akinya di www.paranormal-kisongo.blogspot.com ingat saudara kalau ada berbicara ama beliau harus sopan ya dan jagan bilang kalau aq yang sebarkan nomornya,mudahan ini bisa bermamfaat.terima kasih

    BalasHapus